Akar lateral berkembang dari akar utama yang berdampak langsung terhadap volume sumberdaya tanah yang tersedia bagi tanaman dan memperluas area eksploitasi yang tumpang tindih dengan tanaman di sekitarnya. Salah satu model yang diajukan peneliti adalah model inisiasi akar lateral (LRi) yang diregulasi IAA–, etilen–, dan sitokinin (CK) pada zona diferensiasi sel dari akar yang sedang tumbuh seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.


1.        Akar lateral berkembang dari akar utama yang berdampak langsung terhadap volume sumberdaya tanah yang tersedia bagi tanaman dan memperluas area eksploitasi yang tumpang tindih dengan tanaman di sekitarnya. Salah satu model yang diajukan peneliti adalah model inisiasi akar lateral (LRi) yang diregulasi IAA, etilen, dan sitokinin (CK) pada zona diferensiasi sel dari akar yang sedang tumbuh seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.

LRi = inisiasi akar lateral


Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).
A.        Auksin (IAA) mengiduksi diferensiasi protoxilem yang ditandai dengan penebalan dinding sekunder.
B.        Sitokinin  dapat menghambat inisiasi akar lateral di dekat ujung akar.
C.         Etilen yang dihasilkan di protoxilem yang sedang berkembang dapat menentukan tempat terjadinya inisiasi akar lateral.
D.        Inisiasi akar lateral dimulai dari pangkal akar ke ujung akar.

JAWAB        :
[A] adalah BENAR
[B] adalah BENAR
[C] adalah BENAR
[D] adalah BENAR

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sel sperma mencit mengandung protein reseptor yang mampu berikatan dengan suatu glikoprotein (ZP3) pada zona pelusida sel telur mencit. Pengikatan reseptor ZP3 dengan ZP3 menginisiasi reaksi akrosom sperma. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (S) atau salah (S).

Selain menghasilkan mRNA yang dapat ditranslasi menjadi polipeptida, transkripsi pada eukariot juga menghasilkan berbagai jenis RNA struktural dan fungsional, misalnya tRNA, berbagai jenis small RNAs, dan rRNA seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Studi perilaku hewan dapat dilakukan melalui pendekatan proximate causation dan ultimate causation. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).