Suatu tanaman yang memiliki batang berupa umbi lapis (bulbus) diamati pertumbuhannya dari Kemudian dilakukan penelitian mengenai pergerakan akar kontraktil tersebut selama delapan hari dengan perlakuan cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda. Hasil penelitian tersebut ditunjukkan oleh gambar berikut ini.


1.        Suatu tanaman yang memiliki batang berupa umbi lapis (bulbus) diamati pertumbuhannya dari

Kemudian dilakukan penelitian mengenai pergerakan akar kontraktil tersebut selama delapan hari dengan perlakuan cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda. Hasil penelitian tersebut ditunjukkan oleh gambar berikut ini.
 

Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).
A.        Akar kontraktil menarik umbi lapis ke bawah hingga mencapai lokasi yang menguntungkan bagi tumbuhan. 
B.        Akar kontraktil dapat berperan dalam pemencaran (dispersal) organ reproduksi vegetatif tumbuhan.
C.         Akar kontraktil hanya ditemukan pada tanaman monokotil.
D.     Cahaya merah dan merah jauh memicu kontraksi akar lebih kuat daripada cahaya hijau.

JAWAB              :
[A] adalah BENAR
[B] adalah BENAR
[C] adalah SALAH, akar kontraktil tidak hanya ditemukan pada tanaman monokotil saja namun juga tanaman angiospermae conthnya umbi lapis.
[D] adalah SALAH,cahaya hijau lah yang lebih kuat memicu kontraksi akar lebih kuat daripada cahaya merah.

Comments

Popular posts from this blog

Sel sperma mencit mengandung protein reseptor yang mampu berikatan dengan suatu glikoprotein (ZP3) pada zona pelusida sel telur mencit. Pengikatan reseptor ZP3 dengan ZP3 menginisiasi reaksi akrosom sperma. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (S) atau salah (S).

Selain menghasilkan mRNA yang dapat ditranslasi menjadi polipeptida, transkripsi pada eukariot juga menghasilkan berbagai jenis RNA struktural dan fungsional, misalnya tRNA, berbagai jenis small RNAs, dan rRNA seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Studi perilaku hewan dapat dilakukan melalui pendekatan proximate causation dan ultimate causation. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).