Gambar di bawah menunjukkan kadar antibodi dari seorang anak yang diimunisasi. Vaksin yang dipergunakan mengandung dua antigen yang berbeda (X dan Y).


1.        Gambar di bawah menunjukkan kadar antibodi dari seorang anak yang diimunisasi. Vaksin yang dipergunakan mengandung dua antigen yang berbeda (X dan Y).
 

Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).
A.        Antigen X dan Y merupakan antigen yang berasal dari patogen yang sama.
B.        Antigen X lebih mudah dikenali oleh makrofag daripada antigen Y.
C.         Anak tersebut sudah pernah terinfeksi oleh patogen yang memiliki antigen X.
D.        Respons terhadap antigen Y membutuhkan aktivasi sel-sel limfosit, sedangkan respons terhadap antigen X tidak.


JAWAB       :
[A] adalah SALAH, cermati grafik tidak sama
[B] adalah SALAH,antigen Y lah yang mudah dikenali oleh makrofag
[C] adalah BENAR,dengan ditandai antibodi langsung naik tajam saat diberi vaksin X
[D] adalah SALAH,sel limfosit adalah sel darah putih yang berfungsi untuk pertahanan tubuh dari kuman tentu saja antigen X dan antigen Y membutuhkan respon sel-sel limfosit.

Comments

Popular posts from this blog

Sel sperma mencit mengandung protein reseptor yang mampu berikatan dengan suatu glikoprotein (ZP3) pada zona pelusida sel telur mencit. Pengikatan reseptor ZP3 dengan ZP3 menginisiasi reaksi akrosom sperma. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (S) atau salah (S).

Selain menghasilkan mRNA yang dapat ditranslasi menjadi polipeptida, transkripsi pada eukariot juga menghasilkan berbagai jenis RNA struktural dan fungsional, misalnya tRNA, berbagai jenis small RNAs, dan rRNA seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Studi perilaku hewan dapat dilakukan melalui pendekatan proximate causation dan ultimate causation. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).