Acacia nilotica adalah salah satu pohon yang termasuk tumbuhan invasif di Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Tumbuhan ini awalnya ditanam di beberapa kawasan, namun saat ini tumbuh dengan sangat subur sehingga menginvasi padang rumput yang merupakan habitat bagi banteng. Hewan ini selain menjadi pemakan bagian tumbuhan A. nilotica, juga membantu penyebaran biji tumbuhan invasif ini.


1.        Acacia nilotica adalah salah satu pohon yang termasuk tumbuhan invasif di Taman Nasional Baluran di Jawa Timur. Tumbuhan ini awalnya ditanam di beberapa kawasan, namun saat ini tumbuh dengan sangat subur sehingga menginvasi padang rumput yang merupakan habitat bagi banteng. Hewan ini selain menjadi pemakan bagian tumbuhan A. nilotica, juga membantu penyebaran biji tumbuhan invasif ini. 

Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).
A.        Tumbuhan invasif di kawasan ini tidak akan memengaruhi keanekaragaman ekosistem padang rumput.
B.        Tumbuhan invasif ini dapat mengubah kondisi iklim mikro di padang rumput.
C.         Interaksi antara banteng dengan tumbuhan A. nilotica adalah herbivori dan mutualisme.
D.        A. nilotica merupakan tumbuhan yang memiliki toleransi tinggi terhadap intensitas cahaya yang tinggi.

JAWAB              :
[A] adalah SALAH
[B] adalah BENAR
[C] adalah BENAR
[D] adalah BENAR

Comments

Popular posts from this blog

Sel sperma mencit mengandung protein reseptor yang mampu berikatan dengan suatu glikoprotein (ZP3) pada zona pelusida sel telur mencit. Pengikatan reseptor ZP3 dengan ZP3 menginisiasi reaksi akrosom sperma. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (S) atau salah (S).

Selain menghasilkan mRNA yang dapat ditranslasi menjadi polipeptida, transkripsi pada eukariot juga menghasilkan berbagai jenis RNA struktural dan fungsional, misalnya tRNA, berbagai jenis small RNAs, dan rRNA seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Studi perilaku hewan dapat dilakukan melalui pendekatan proximate causation dan ultimate causation. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).