Seorang mahasiswa menyilangkan suatu spesies bunga menggunakan beberapa karakter berbeda. Ia menyilangkan dua indukan galur murni dengan fenotip berbeda, kemudian F1 dibiarkan melakukan persilangan sendiri. Fenotip yang diamati adalah warna bunga, tekstur biji, warna biji, dan posisi bunga pada batang. F2 yang diperoleh ditampilkan pada tabel berikut.


1.        Seorang mahasiswa menyilangkan suatu spesies bunga menggunakan beberapa karakter berbeda. Ia menyilangkan dua indukan galur murni dengan fenotip berbeda, kemudian F1 dibiarkan melakukan persilangan sendiri. Fenotip yang diamati adalah warna bunga, tekstur biji, warna biji, dan posisi bunga pada batang. F2 yang diperoleh ditampilkan pada tabel berikut.

Parental
F2
Bunga merah x bunga putih
289 merah : 25 putih : 74 ungu 
Biji halus x biji kasar
316 halus : 247 kasar
Biji hijau x biji kuning
188 hijau : 375 kuning
Bunga diujung batang x bunga sepanjang batang
93 tanaman dengan bunga diujung : 32 tanaman dengan bunga di sepanjang batang

Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).
A.        Warna bunga, tekstur biji, dan warna biji diatur oleh dua atau lebih gen.
B.        Dibutuhkan dua enzim yang berbeda untuk menghasilkan fenotip warna merah.
C.         Dibutuhkan sedikitnya satu alel dominan dari dua atau lebih gen yang telibat untuk menghasilkan fenotip tekstur biji halus.
D.        Warna biji kuning dihasilkan oleh genotip heterozigot.

JAWAB        :
[A] adalah SALAH,diatur oleh 2 gen
[B] adalah BENAR
[C] adalah BENAR
[D] adalah BENAR

Comments

Popular posts from this blog

Sel sperma mencit mengandung protein reseptor yang mampu berikatan dengan suatu glikoprotein (ZP3) pada zona pelusida sel telur mencit. Pengikatan reseptor ZP3 dengan ZP3 menginisiasi reaksi akrosom sperma. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (S) atau salah (S).

Selain menghasilkan mRNA yang dapat ditranslasi menjadi polipeptida, transkripsi pada eukariot juga menghasilkan berbagai jenis RNA struktural dan fungsional, misalnya tRNA, berbagai jenis small RNAs, dan rRNA seperti ditunjukkan pada gambar berikut.

Studi perilaku hewan dapat dilakukan melalui pendekatan proximate causation dan ultimate causation. Tentukan apakah pernyataan berikut benar (B) atau salah (S).